Penyebab Bayi Lahir Prematur

Penyebab Bayi Lahir Prematur – Kelahiran prematur merupakan salah satu kelahiran yang terjadi sebelum usia kandungan yang seharusnya yaitu 9 bulan. Kelahiran prematur biasanya terjadi pada usia kandungan kurang dari 37 minggu bahkan kurang dari 30 minggu. Bayi prematur tentu saja lahir dengan berat dibawah normal dan biasanya juga untuk berat dibawah 2,5 kg yang sering disebut dengan BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah) dan pada bayi prematur yang beratnya dibawah 2 kg disebut BBLSR (Bayi Berat Lahir Sangat Rendah).

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Faktor ini bisa berasal dari luar dan dalam. Apa saja penyebab bayi lahir prematur?

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Bayi lahir prematur memang dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Dan diantara beberapa faktor penyebab bayi lahir prematur diantaranya :

Gaya hidup yang buruk

Seorang ibu hamil tentu perlu mawas diri dengan kondisinya dan juga mulai berupaya untuk membiasakan diri dengan hal – hal yang baik demi keselamatan diri dan juga janin didalam rahimnya. Mengabaikan hal ini tentu saja akan berdampak sangat buruk bagi banyak hal salah satunya adalah dapat menyebabkan kelahiran prematur. Misalkan saja merokok, konsumsi alkohol dan juga bekerja nonstop tanpa istirahat cukup perlu dihindari oleh ibu hamil.

Kondisi bayi

Kelahiran prematur juga dapat disebabkan kondisi bayi yang tidak memungkinkan untuk persalinan tepat waktu. Misalkan seperti hamil bayi kembar, hamil bayi dengan terlilit tali pusar, sungsang dan sebagainya. Kondisi ini kerap juga dapat menyebabkan persalinan harus dilakukan secara caesar.

Faktor penyakit lain

Mengapa ibu hamil sebisa mungkin tak boleh sakit? Hal ini karena sakit yang diderita oleh ibu hamil akan berdampak pada tumbuh kembang janin dan juga dapat menjadi salah satu penyebab janin akan lahir secara prematur. Dan adanya faktor resiko lain seperti halnya tekanan darah tinggi serta juga diabetes akan juga dapat menyebabkan ibu rentan atas serangan eklampsia yang merupakan sebuah kondisi gawat darurat obstetric. Dan itu perlu Anda pahami supaya tidak terjadi sesuatu pada janin didalam rahim Anda.

Lainnya  Tips Hindari Stres Agar Produksi ASI Lancar

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja penyebab bayi lahir prematur? Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Penyebab Bayi Lahir Prematur menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Yuk bunda pahami penyebabnya, hindari dan jadikan kehamilan Anda lancar sampai persalinan.