Cara Mudah Membagi Layar Smartphone Menjadi Dua

Cara Mudah Membagi Layar Smartphone Menjadi Dua

Cara Mudah Membagi Layar Smartphone Menjadi Dua

Bagi kita yang sering bekerja dengan smartphone, terkadang membutuhkan tampilan layar yang lebih besar untuk keperluan tertentu. Tidak perlu khawatir, karena kini ada cara mudah untuk membagi layar smartphone menjadi dua!

Metode ini bisa sangat bermanfaat dan memudahkan pekerjaan Anda. Anda bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar pada saat bersamaan. Misalnya, Anda bisa membuka aplikasi TikTok dan chatting WhatsApp secara bersamaan.

Cara mudah membagi layar smartphone menjadi dua pun cukup simpel. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah beserta gambar yang dapat diikuti oleh siapa saja. Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan dapatkan cara mudah mengatur dan membagi layar smartphone menjadi dua!

Tidak perlu takut sulit, karena cara membagi layar smartphone menjadi dua sangatlah mudah dan user friendly bagi siapapun. Anda tidak perlu jadi programmer maupun ahli teknologi untuk melakukan ini. Berikut adalah panduannya. Simak dan praktekkan sekarang juga!

Cara Membagi Layar Menjadi Dua
“Cara Membagi Layar Menjadi Dua” ~ bbaz

Membandingkan Beberapa Cara untuk Membagi Layar Smartphone Menjadi Dua

Jaman sekarang, tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone sebagai perangkat utama untuk bekerja atau belajar. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah membagi layar menjadi dua. Tapi, apa itu membagi layar dan apa manfaatnya? Memotong layar menjadi dua membuat Anda dapat melihat dan menggunakan dua aplikasi sekaligus tanpa harus secara manual beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Menggunakan split screen juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karena mempercepat pekerjaan.

Cara Mudah Membagi Layar di Android

Saat ini, Android memiliki beberapa cara untuk membagi layar menjadi dua bagian. Cara pertama adalah menggunakan jari, caranya cukup geser tab navigasi pada bagian bawah layar ke atas, kemudian pilih aplikasi yang ingin dibuka. Kemudian tahan tombol recent apps dan geser aplikasi tersebut ke atas atau ke bawah, baru pilih aplikasi lainnya yang mau dibuka di bagian lain. Cara kedua, bisa melalui pengaturan sistem. Buka menu pengaturan -> layar -> mode multijendela. Atau cukup dengan menyentuh tombol overview pada bagian bawah tutup aplikasi yang terbuka lalu pilih aplikasi aplikasi yang ingin anda gunakan dan tarik dan geser aplikasi tersebut ke sebelah kanan atau kiri layar hingga muncul notifikasi layar telah dibagi menjadi dua.

Lainnya  Cara Kirim Aplikasi Tanpa Download Via WhatsApp

Cara Mudah Membagi Layar di iOS

Di iOS, fitur ini bernama Split View dan Slide Over. Split View membagi layar menjadi dua aplikasi yang terbuka secara paralel, sementara Slide Over menampilkan aplikasi kecil yang tumpang tindih pada aplikasi utama. Cara mudah untuk memasuki mode split screen adalah dengan menggeser aplikasi kedua ke arah tengah layar dari pojok kanan bawah atau langsung tekan dan tahan tab navigasi (di bagian bawah layar) hingga muncul menu aplikasi.Slide Over dipicu dengan menggesek ke kanan dari Edge atau Layer Center di bagian kiri layar.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Masing-masing

Sistem Operasi Metode Kelebihan Kekurangan
Android Geser atau pengaturan sistem Mudah digunakan dan banyak pilihan Tidak semua aplikasi mendukung fitur ini dan terkadang adanya lag saat digunakan
iOS Split View dan Slide Over User Friendly dan mudah untuk diakses Keterbatasan ukuran tampilan dan tidak bisa merubah posisi aplikasi pada layar

Kesimpulan dan Pendapat

Kesimpulannya, menggunakan fitur split screen pada smartphone dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja maupun belajar. Setiap sistem operasi memiliki metodenya masing-masing untuk membagi layar menjadi dua, terdapat kelebihan dan kekurangan pada setiap metodenya. Meskipun begitu, penggunaan fitur ini menggunakan metode apapun tetap merupakan alternatif yang cukup baik bagi para pengguna smartphone. Oleh sebab itu penting bagi para pengguna smartphone untuk mengetahui cara mudah membagi layar di smartphone.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara mudah membagi layar smartphone menjadi dua. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas menggunakan smartphone. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan mata Anda ketika menggunakan gadget, dengan cara mengatur waktu dan jarak pandang yang tepat.

Pemakaian smartphone yang semakin luas membuat banyak orang mencari tips dan trik agar dapat menggunakan perangkat tersebut secara lebih efektif. Dengan membagi layar smartphone menjadi dua, Anda dapat melakukan multitasking dengan lebih mudah tanpa harus terus-menerus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Namun, pastikan smartphone Anda mendukung fitur ini, dan tidak lupa untuk mengaktifkan fitur ini di pengaturan sistem smartphone Anda.

Lainnya  Konversi Ukuran MM hingga CM: Panduan Praktis untuk Mengubah Satuan dengan Mudah

Terakhir, jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada teman dan kerabat Anda yang mungkin memerlukan. Kami akan terus memberikan informasi dan tips yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup Anda melalui smartphone Anda. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

People also ask tentang Cara Mudah Membagi Layar Smartphone Menjadi Dua:

  1. Bagaimana cara membagi layar smartphone menjadi dua?

    Jawaban: Untuk membagi layar smartphone menjadi dua, pertama-tama buka aplikasi yang ingin kamu gunakan. Kemudian, tekan tombol multitasking atau tahan tombol recent apps pada smartphone kamu. Setelah itu, pilih ikon split screen atau tahan tombol aplikasi yang ingin kamu buka secara bersamaan. Sekarang, kamu dapat menikmati dua aplikasi di layar yang berbeda.

  2. Apakah semua smartphone dapat membagi layar menjadi dua?

    Jawaban: Tidak semua smartphone dapat membagi layar menjadi dua. Fitur ini hanya tersedia pada smartphone Android dengan versi 7.0 Nougat atau yang lebih baru.

  3. Apakah ada aplikasi tambahan yang harus diunduh untuk membagi layar smartphone menjadi dua?

    Jawaban: Tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena fitur pembagian layar sudah tersedia di sistem operasi Android versi 7.0 Nougat atau yang lebih baru.

  4. Apakah membagi layar smartphone menjadi dua dapat membuat kinerja smartphone lebih lambat?

    Jawaban: Memang ada beberapa smartphone yang kinerjanya terganggu ketika membagi layar menjadi dua. Namun, hal ini sangat tergantung pada spesifikasi smartphone kamu.