Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Memutar video di ponsel Android adalah salah satu aktivitas yang populer di kalangan pengguna smartphone. Namun, seringkali kita ingin melakukan beberapa tugas lain sambil menonton video, seperti membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet. Sayangnya, secara default, aplikasi pemutar video di Android tidak mendukung fitur multitasking ini. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

1. Menggunakan Fitur Picture-in-Picture (PiP)

Salah satu cara paling mudah untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP). Fitur ini memungkinkan kamu untuk menonton video dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan ke berbagai posisi di layar ponselmu.

Untuk menggunakan fitur PiP, pastikan aplikasi pemutar video yang kamu gunakan mendukung fitur ini. Beberapa aplikasi populer seperti YouTube dan VLC sudah mendukung fitur PiP ini.

  1. Pertama, pastikan fitur PiP sudah diaktifkan di pengaturan sistem Androidmu. Untuk melakukannya, masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Picture-in-Picture, kemudian aktifkan opsi tersebut.
  2. Buka aplikasi pemutar video yang mendukung fitur PiP.
  3. Pilih video yang ingin kamu putar dan mulai putar video tersebut.
  4. Tekan tombol Home ponselmu untuk kembali ke layar utama.
  5. Video akan muncul dalam jendela kecil di layar ponselmu. Kamu dapat memindahkan jendela kecil ini ke posisi yang nyaman untuk menonton video sambil membuka aplikasi lain.

Fitur PiP sangat berguna ketika kamu ingin menonton video sambil melakukan tugas lain, seperti menjawab pesan atau email, menjelajahi internet, atau menggunakan aplikasi lain. Namun, tidak semua aplikasi pemutar video mendukung fitur ini. Jadi, pastikan aplikasi yang kamu gunakan sudah mendukung fitur PiP sebelum mencobanya.

2. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video yang Mendukung Background Playback

Jika aplikasi pemutar videomu tidak mendukung fitur PiP, kamu masih bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain dengan menggunakan aplikasi pemutar video yang mendukung background playback. Background playback adalah fitur yang memungkinkanmu untuk memutar video di latar belakang saat membuka aplikasi lain.

Beberapa aplikasi pemutar video populer yang mendukung fitur background playback antara lain MX Player dan VLC. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur background playback di aplikasi MX Player:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi MX Player di ponselmu.
  2. Buka aplikasi MX Player dan pilih video yang ingin kamu putar.
  3. Mulai putar video tersebut dan tekan tombol Home ponselmu untuk kembali ke layar utama.
  4. Video akan tetap diputar di latar belakang sambil kamu membuka aplikasi lain.
  5. Jika kamu ingin menghentikan pemutaran video, cukup buka kembali aplikasi MX Player dan tekan tombol Stop.

Fitur background playback ini sangat berguna ketika kamu ingin menyimak konten video sambil menggunakan aplikasi lain atau menjelajahi internet. Namun, tidak semua aplikasi pemutar video mendukung fitur ini, jadi pastikan aplikasi yang kamu gunakan sudah mendukung fitur background playback sebelum mencobanya.

Lainnya  Apa Itu Swagbucks dan Bagaimana Cara Kerjanya?

3. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video Pop-up

Jika kamu ingin memutar video di jendela pop-up yang dapat dipindahkan di layar ponselmu, kamu dapat menggunakan aplikasi pemutar video pop-up. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menonton video dalam jendela pop-up yang tetap terlihat di layar, bahkan ketika membuka aplikasi lain.

Salah satu aplikasi pemutar video pop-up yang populer adalah VLC. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur pemutar video pop-up di VLC:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi VLC di ponselmu.
  2. Buka aplikasi VLC dan pilih video yang ingin kamu putar.
  3. Mulai putar video tersebut dan tekan tombol Home ponselmu untuk kembali ke layar utama.
  4. Video akan muncul dalam jendela pop-up yang dapat dipindahkan ke berbagai posisi di layarmu.
  5. Kamu dapat membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet sambil menonton video dalam jendela pop-up ini.

Aplikasi pemutar video pop-up sangat berguna ketika kamu ingin menonton video sambil membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet. Namun, tidak semua aplikasi pemutar video mendukung fitur ini, jadi pastikan aplikasi yang kamu gunakan sudah mendukung pemutar video pop-up sebelum mencobanya.

4. Menggunakan Fitur Split Screen (Layar Terbagi)

Jika ponsel Androidmu sudah menggunakan versi Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru, kamu dapat menggunakan fitur Split Screen (Layar Terbagi) untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain. Fitur ini memungkinkanmu untuk membagi layar menjadi dua bagian, sehingga kamu dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan di layar yang sama.

Untuk menggunakan fitur Split Screen, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi pemutar video dan pilih video yang ingin kamu putar.
  2. Setelah video mulai diputar, tekan tombol Overview (biasanya berbentuk segitiga atau kotak di bagian bawah layar ponsel) untuk masuk ke tampilan multitasking.
  3. Pada tampilan multitasking, tahan ikon aplikasi pemutar video dan seret ke bagian atas layar ponselmu.
  4. Bagian atas layar akan membagi menjadi dua, dan kamu dapat memilih aplikasi lain yang ingin kamu buka di bagian bawah layar.
  5. Video akan terus diputar di bagian atas layar sambil kamu membuka aplikasi lain di bagian bawah layar.

Fitur Split Screen sangat berguna ketika kamu ingin membuka aplikasi lain sambil menonton video dalam mode layar terbagi. Namun, tidak semua ponsel Android mendukung fitur ini, jadi pastikan ponselmu sudah menggunakan versi Android yang mendukung fitur Split Screen sebelum mencobanya.

5. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video dengan Fitur Floating Window

Jika kamu ingin memutar video dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan di layar, kamu bisa menggunakan aplikasi pemutar video yang memiliki fitur Floating Window. Fitur ini memungkinkanmu untuk menonton video dalam jendela kecil yang tetap terlihat di layar, bahkan ketika membuka aplikasi lain.

Lainnya  Aplikasi Latihan Menyanyi - Meningkatkan Kemampuan Vokal Anda

Salah satu aplikasi pemutar video yang memiliki fitur Floating Window adalah MX Player. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Floating Window di MX Player:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi MX Player di ponselmu.
  2. Buka aplikasi MX Player dan pilih video yang ingin kamu putar.
  3. Mulai putar video tersebut dan tekan tombol Home ponselmu untuk kembali ke layar utama.
  4. Video akan muncul dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan ke berbagai posisi di layarmu.
  5. Kamu dapat membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet sambil menonton video dalam jendela kecil ini.

Fitur Floating Window sangat berguna ketika kamu ingin menonton video sambil membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet. Namun, tidak semua aplikasi pemutar video mendukung fitur ini, jadi pastikan aplikasi yang kamu gunakan sudah mendukung fitur Floating Window sebelum mencobanya.

6. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video di Browser

Terakhir, jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi pemutar video tambahan di ponselmu, kamu bisa memutar video di browser. Beberapa browser seperti Google Chrome sudah mendukung pemutaran video di latar belakang atau dalam jendela kecil yang tetap terlihat di layar, bahkan ketika membuka aplikasi lain.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memutar video di browser:

  1. Buka browser di ponselmu dan buka situs web yang menyediakan video yang ingin kamu putar.
  2. Cari video yang ingin kamu putar dan mulai putar video tersebut.
  3. Tekan tombol Home ponselmu untuk kembali ke layar utama.
  4. Video akan tetap diputar di latar belakang atau dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan ke berbagai posisi di layarmu.
  5. Kamu dapat membuka aplikasi lain atau menjelajahi internet sambil menonton video di browser.

Memutar video di browser sangat berguna ketika kamu tidak ingin menginstal aplikasi pemutar video tambahan di ponselmu. Namun, tidak semua browser mendukung fitur ini, jadi pastikan browser yang kamu gunakan sudah mendukung pemutaran video di latar belakang atau dalam jendela kecil sebelum mencobanya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!