Wisata Asia Palembang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Asia Palembang yang Wajib Dikunjungi – Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan yang merupakan kota terbesar ke 2 di Pulau Sumatera. Dahulunya, Palembang ini cukup terkenal sekali dengan keberadaanya kerajaan Sriwijaya, kerahaah Buddha terbesar di Asia Tenggara. Selain dikenal dengan pempeknya, ternyata Palembang juga memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan kota yang lainnya di Sumatera. Kira-kira apa saja sih wisata Asia Palembang yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan atau saat hari libur nanti? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ini wisata Asia Palembang

Jembatan ampera

Jembatan yang satu ini merupakan sebuah jembatan yang sudah jadi ikon dan juga lambing kota Palembang. Dibangun di tahun 1962, jembatan ampera tersebut selesai dibangun dalam jangka waktu sekitar 3 tahun. Jembatan ampera tengah hubungkan seberang ulu dengan seberang ilir yang telah terpisahkan oleh sunga musi. Di sekitar 50 meter dari jembatan ini ada sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan juga makanan sehingga Anda bisa dengan mudahnya membeli oleh-oleh serta mengisi perut.

Sungai musi

Ini adalah salah satu sungai terpanjang yang ada di Sumatera dengan panjangnya yang mencapai 750 km. Sungai musi tersebut membelah kota Palembang jadi dua bagian, dan dahulunya adalah saranan transportasi utama di kota Palembang. Di tepian sungai ini ada banyak sekali objek wisata, diantaranya restoran terapung, benteng kuto besak, dan juga kampung arab.

Pulau Kemaro

Pulau ini ada di tengah sungai musi, atau sekitar 6 km dari jembatan ampera. Sekarang ini Pulau tersebut menajdi salah satu tempat wisata Asia Palembang yang paling terkenal. Di sini terdapat sebuah vihara yang banyak sekali didatangi oleh umat Buddha untu berziarah dan berdoa. Di sini juga bisa Anda temukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang puteri Palembang. Puteri ini memiliki cerita tersendiri, yakni dia menikah dengan seorang anak raja dari China dengan pas kawin yang berupa 9 guci emas, tapi pada akhirnya pasangan tersebut terjunkan dirinya ke sungai dan tenggelam.

Lainnya  Wisata Kuliner Khas Banyuwangi

Taman hutan wisata punti kayu

Taman ini merupakan tempat wisata di Palembang berupa hutan wisata. Hutan wisata tersebut merupakan satu-satunya di kota Palembang, tak ada hutan wisata lain. Selain itu, tempat ini sangat cocok sekali untuk liburan keluarga.

Demikian informasi tentang wisata Asia Palembang yang wajib dikunjungi. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.