Home / Tekno

Jumat, 30 April 2021 - 22:51 WIB

Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Defenisi Cloud Computing

Di era yang serba digital ini sangatlah penting dalam komputasi awan yang sering kita dengar adalah Cloud Computing, Komputasi awan ini sendiri adalah gabungan beberapa pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet atau di sebut awan dengan sesuai kebutuhan  pemakai. Perusahaan besar saat ini sedang mengembangkan teknologi Cloud Computing ini. Seperti Google dengan Google Cloud, Amazon dengan AWS ( Amazon Web Services), Alibaba dengan Alibaba Cloud dan Microsoft sendiri dengan Microsoft Azure dan masih banyak lainnya.

Keuntungan Cloud Computing

Ketangkasan

Dengan layananan Cloud computing ini memberikan solusi yang mudah ke berbagai teknologi agar Anda bisa  berinovasi lebih mudah beradaptasi dengan membangun sesuai kebutuhan anda di cloud computing ini. Anda bisa dengan cepat memilah dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan oleh Anda dari layanan infrastruktur, seperti cloud computing sendiri, penyimpanan cloud, dan juga database, (IOT) Internet of Things, dan machine learning, dan banyak lainnya sesuai kebutuhan anda.

Anda bisa mengelola layanan cloud anda secara komprehensif dengan kebutuhan bisnis IT Anda dapat menerapkan layanan cloud dalam sekiejap, dan mewujudkan manajemen IT lebih cepat dan lebih dan juga anda dapat melakukan oprek secara bebas.

Fleksibel

Dengan komputasi cloud computing ini , Anda bisa menyesuaikan kebutuhan anda tidak perlu berlebihan dalam menggunakan sistem yang tidak perlu digunakan, anda bisa menambah serta mengurangi sumber daya sesuai kebutuhan Anda. Dengan menggunakan Cloud Computing besaran biaya lebih murah tanpa memerlukan biaya perawatan.

Hemat biaya

Cloud computing ini sangat praktis tidak butuh modal seperti server fisik, karena Anda menggunakan sesuai kebutuhan maka tidak dibebankan dengan hal yang lain dan tidak di bebankan biaya perawatan karena juga sudah dirancang khusus secra detail dalam penggunaan. Saat Anda ingin menyimpan file berupa data, pengguna tidak butuh menambah perangkat komputer. Cloud Computing mampu menyimpan data berkapasitas lebih besar Anda hanya perlu improvisasi dalam mengupgarade kapasitas yang dibutuhkan.

Menerapkan  server secara global

Dengan cloud computing ini, Anda dapat menjangkau dan memperluas wilayah geografis dan juga menerapak secara hitungan menit saja. Dengan infrastruktur yang anda miliki anda bisa menerapkan sistem aplikasi anda di berbagai lokasi dengan cara klik klik saja. Penempatan sistem aplikasi di dekat pengguna sesuai jangkauan membuat aplikasi anda lebih mudah di akses, semakin dekat semakin baik.

Easy Monitoring

Pemantauan performa penggunaan Cloud Computing dengan mudah dengan sistem cloud yang ada di dashboard sistem pada cloud sendiri.

Flexible security Controls

Pengguna mempunyai kontrol dan kepercayaan penuh dalam manajemen kebutuhan cloud komputing untuk menjalankan keperluan secara aman dilingkungan cloud computing  anda dan tentunya pasti aman

Jenis-jenis komputasi cloud

Berikut adalah tiga jenis utama dari cloud computing diantaranya adalah  Infrastructure as a Service, Platform as a Service, dan Software as a Service. Dar jenis komputasi cloud computing memberikan tingkat kontrol, fleksibelitas, dan kontrol yang berbeda akhirnya Anda bisa memilih dan memilah layanan apa yang tepat untuk aplikasi ataupun sistem yang Anda bangun secara sesuai kebutuhan Anda.

Infrastructure as a Service (IaaS)

Pada services ini memberikan akses netwrking, komputer virtual secara biasa maupun khusus, IaaS adalah bentuk cloud computing yang memberikan sumber daya komputasi, jaringan, dan penyimpanan dasar kepada konsumen sesuai permintaan. Layanan iaaS ini dilakukan secara remote dan menggunakan internet.

Jika didefenisikan, layanan IaaS merupakan sebuah layanan cloud computing  yang pada dasarnya memiliki server fisik maupun komputer virtual. Layanan Infrastructure as a Service (IaaS) sangat populer di kalangan IT banyak perusahaan besar maupun kecil menggunkan layanan ini dengan karateristik yaitu sperti hemat biaya, perusaahaan dapat mengendalikan penuh serta fleksibel membuat layanan ini sangat populer..

Platform as a Service (PaaS)

PaaS merupakan layanan yang  fokus pada penerapan dan pengelolaan sistem aplikasi tanpa perlu mengelola infrastruktur dasar seperti perangkat keras.  PaaS (Platform as a Service) PaaS memberikan akses sebuah framework bagi pengguna yang dapat mereka bangun sebuah sistem dan menggunakan untuk membuat sistem aplikasi yang telah disesuaikan kebutuhan Anda. Keuntungan PaaS Ketika Anda menggunakan layanan  Paas ini, Maka Anda dapat membangun aplikasi sendiri dengan banyak fitur yang telah disediakan. Fitur-fitur meliputi keamanan, OS, database, web server, maupun framework. Jadi Anda bisa fokus membangun sistem aplikasi .

Software as a Service (SaaS)

SaaS merupakan produk lengkap yang dijalankan serta dimanage oleh penyedia service atau layanan. Pengguna yang menggunakan SaaS mengarah kepada aplikasi pengguna contohnya email berbasis web. Dengan layamam SaaS, Anda tidak perlu memanage layanan ini atau memikirkan cara mengelola infrastruktur dasar sebuah aplikasi. Anda perlu mengetahui cara menggunakan perangkat lunak atau aplikasi anda tersebut tanpa memikirkan maintance, penyimpanan data maupun secara detail aplikasi tersebut.

Karakter pada layanan SaaS ini adalah dikelola dari pusat, di host secara jauh, dapat di akases melalui internet dan pengguna services ini tidak bertanggung jawab atas update perangkat lunak maupun perangkat keras.

Jika Anda ingin Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing Anda bisa memilih salah satu provider terbaik di Indonesia cloud provider indonesia yaitu IdCloudhost merupakan salah satu Private Cloud terbaik yang ada di Indonesia

Share :