Cara Mudah Menghapus Vokal pada Lagu dengan Efektif

Cara Mudah Menghapus Vokal pada Lagu dengan Efektif

Cara Mudah Menghapus Vokal pada Lagu dengan Efektif

Cara menghilangkan vokal pada lagu: gunakan software atau aplikasi karaoke, atau buat versi instrumental dengan menghapus saluran vokal di program audio.

Cara menghilangkan vokal pada lagu memang menjadi kebutuhan para musisi dan penggemar karaoke. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya. Jangan khawatir, karena di sini kami akan memberikan cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan vokal pada lagu kesayanganmu.

Pertama-tama, kamu perlu memiliki file musik yang ingin kamu hilangkan vokalnya. Kemudian, buka software editing audio seperti Adobe Audition atau Audacity. Setelah itu, impor file musik tersebut ke dalam software tersebut.

Selanjutnya, pilih bagian vokal pada lagu yang ingin kamu hilangkan. Kamu bisa menggunakan fitur ‘pen tool’ atau ‘lasso tool’ untuk menandai bagian vokal pada lagu. Setelah itu, tekan tombol ‘delete’ pada keyboard untuk menghapus bagian vokal tersebut.

Jangan lupa untuk menyimpan file musik yang sudah kamu edit. Selamat, kini kamu telah berhasil menghilangkan vokal pada lagu kesayanganmu dan siap untuk berkaraoke dengan suaramu sendiri!

Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu

Saat mendengarkan lagu, terkadang kita ingin menghilangkan vokal agar hanya terdengar musiknya saja. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa software dan aplikasi. Berikut ini adalah cara menghilangkan vokal pada lagu.

1. Menggunakan Software Audacity

Audacity

Software Audacity merupakan software gratis yang dapat digunakan untuk merekam dan mengedit audio. Dalam Audacity, terdapat fitur Vocal Remover yang dapat digunakan untuk menghilangkan suara vokal pada lagu.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka software Audacity
  2. Import file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya
  3. Pilih seluruh track pada lagu dengan menekan tombol Ctrl + A
  4. Pilih menu Effect -> Vocal Remover
  5. Tunggu hingga proses selesai
  6. Simpan file lagu yang telah dihilangkan vokalnya

2. Menggunakan Aplikasi Karaoke Anything

Karaoke

Aplikasi Karaoke Anything merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal pada komputer atau laptop.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi Karaoke Anything
  2. Buka file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya
  3. Buka aplikasi Karaoke Anything
  4. Pilih menu File -> Open dan pilih file lagu yang telah dibuka sebelumnya
  5. Klik tombol Process pada aplikasi Karaoke Anything
  6. Tunggu hingga proses selesai
  7. Simpan file lagu yang telah dihilangkan vokalnya

3. Menggunakan Aplikasi Wavosaur

Wavosaur

Aplikasi Wavosaur juga merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal pada komputer atau laptop.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi Wavosaur
  2. Buka file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya
  3. Buka aplikasi Wavosaur
  4. Pilih menu File -> Open dan pilih file lagu yang telah dibuka sebelumnya
  5. Pilih menu Vocal Remover pada aplikasi Wavosaur
  6. Tunggu hingga proses selesai
  7. Simpan file lagu yang telah dihilangkan vokalnya

4. Menggunakan Aplikasi PhonicMind

PhonicMind

Aplikasi PhonicMind merupakan aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu. Aplikasi ini dapat diakses melalui website resminya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka website resmi PhonicMind
  2. Upload file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya
  3. Pilih opsi Stems (vocals, drums, bass, other)
  4. Tunggu hingga proses selesai
  5. Unduh file lagu yang telah dihilangkan vokalnya

5. Menggunakan Aplikasi VocalZap

VocalZap

Aplikasi VocalZap merupakan aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal pada smartphone atau tablet.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi VocalZap
  2. Buka aplikasi VocalZap
  3. Pilih file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya
  4. Tekan tombol VocalZap pada aplikasi
  5. Tunggu hingga proses selesai
  6. Simpan file lagu yang telah dihilangkan vokalnya
Lainnya  Cara Membuat Bookmark di Word: Simpel dan Mudah

Demikianlah cara menghilangkan vokal pada lagu menggunakan beberapa software dan aplikasi. Semoga bermanfaat!

Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu (Tanpa Judul)

Bagi sebagian orang, lagu instrumental lebih menenangkan dan membuat fokus dalam bekerja atau belajar menjadi lebih mudah. Namun, tidak semua lagu memiliki versi instrumental yang tersedia. Berikut adalah 10 cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan vokal pada lagu, sehingga membuatnya instrumental.

1. Menggunakan software penghilang vokal

Salah satu cara paling umum untuk menghilangkan vokal pada lagu adalah dengan menggunakan software penghilang vokal. Ada berbagai macam software yang dapat digunakan seperti Audacity, Karaoke Anything, atau PhonicMind. Kamu hanya perlu memasukkan file lagu ke program dan mengikuti instruksi yang diberikan.

2. Mencari versi instrumental

Jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk menghilangkan vokal dari lagu asli, coba cari versi instrumental di mesin pencari atau situs streaming musik favoritmu. Beberapa lagu ternyata memiliki versi instrumental yang dapat dipakai.

3. Memutar lagu di program editing

Program editing audio seperti Adobe Audition atau GarageBand dapat membantu kamu menghilangkan vokal pada lagu. Kamu bisa mendorong vokal ke balik musik atau mengatur level vokal agar bisa dihilangkan.

4. Membuat versi karaoke

Dalam beberapa kasus, membuat versi karaoke dengan menghilangkan vokal dari lagu asli bisa menjadi solusi. Kamu bisa menggunakan program editing audio atau software karaoke untuk membuatnya.

5. Menciptakan sendiri musik

Jika kamu memiliki kemampuan musik dan peralatan yang mencukupi, coba buatkan sendiri versi instrumental dari lagu yang diinginkan. Kamu bisa merekam instrumen yang diperlukan dan mengubah aransemen musik agar cocok dengan versi instrumental.

6. Mengubah kualitas audio

Kadang-kadang mengurangi kualitas audio dapat mengurangi kejelasan vokal dan membuatnya lebih mudah dihilangkan. Kamu bisa memilih setting audio yang sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Membuang saluran vokal

Kadang-kadang, saluran vokal dapat dibuang secara logika dari program editing audio, tetapi ini tergantung pada jenis dan metode rekaman yang digunakan oleh artis.

8. Memutar musik di earphone

Dengan menempatkan satu headphone di satu telinga dan satu di telinga yang lain, kamu dapat mempertajam terdengarnya lagu dan memudahkan penghilangan vokal. Kamu bisa mengatur balance audio pada perangkatmu agar panning suara optimal.

9. Menyesuaikan EQ

Memutar dengan equalizer diatur ke midrange dapat membantu menekan vokal dan meningkatkan frekuensi yang relevan dengan musik. Kamu bisa menyesuaikan setting equalizer pada perangkatmu atau menggunakan software editing audio.

10. Mempercepat atau menurunkan tempo

Kadang-kadang, mengubah tempo lagu secara signifikan dapat memengaruhi peran vokal di dalamnya dan membuatnya lebih mudah dihilangkan. Kamu bisa menggunakan fitur speed pada program editing audio atau software karaoke untuk melakukannya.

Itulah 10 cara untuk menghilangkan vokal pada lagu. Namun, jangan lupa untuk selalu menghargai hak cipta dari lagu yang digunakan. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara untuk membuat lagu instrumental.

Penyanyi terkadang tidak ingin vokal mereka terdengar dalam rekaman musik. Karena itu, teknik untuk menghapus vokal dari lagu telah dikembangkan. Namun, ada beberapa pro dan kontra tentang cara ini.

Pro

  1. Memungkinkan untuk membuat karaoke sendiri secara mudah.
  2. Bisa memperjelas instrumen musik dan suara latar belakang.
  3. Dapat membantu dalam mencari kesalahan teknis yang mungkin terjadi selama proses rekaman.
Lainnya  Unduh Aplikasi Remini Pro Terbaru dengan Kualitas Gambar Luar Biasa

Kontra

  • Cara ini bisa menghasilkan suara yang tidak alami dan kurang berkualitas.
  • Tidak semua vokal dapat dihilangkan dengan sempurna, terutama jika vokal terlalu dekat dengan instrumen lain dalam rekaman.
  • Dalam beberapa kasus, menghilangkan vokal dapat merusak kualitas musik secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan vokal pada lagu memiliki keuntungan dan kerugian. Namun, dengan penggunaan yang tepat, teknik ini dapat membantu dalam proses produksi musik dan meningkatkan hasil akhir.

Bagi para pecinta musik, tidak jarang kita ingin mencoba menghilangkan suara vokal pada lagu agar bisa digunakan sebagai background music atau karaoke. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menghilangkan vokal pada lagu yang tidak memiliki judul. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu dan menghasilkan versi instrumental.

Pertama-tama, kamu bisa mencoba menggunakan software editing audio seperti Audacity atau FL Studio. Kedua software ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para produser musik. Kamu bisa menemukan tutorial di internet tentang bagaimana cara menggunakan kedua software ini untuk menghilangkan vokal pada lagu. Namun, perlu diingat bahwa hasilnya tidak selalu sempurna karena tergantung pada kualitas rekaman asli dan kemampuanmu dalam menggunakan software tersebut.

Jika kamu merasa sulit menggunakan software editing audio, kamu juga bisa mencari versi instrumental dari lagu tersebut di internet. Biasanya, versi instrumental sudah tidak memiliki vokal karena sengaja dibuat untuk keperluan karaoke atau background music. Namun, pastikan kamu mendownload dari sumber yang terpercaya dan memeriksa kualitas rekamannya sebelum digunakan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu yang tidak memiliki judul. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menghargai karya musisi dengan membeli lagu originalnya dan tidak menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa izin yang sah. Semoga bermanfaat!

.

Banyak orang yang bertanya tentang cara menghilangkan vokal pada lagu. Berikut adalah beberapa jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang:

  1. Apa itu vokal pada lagu?
  2. Vokal pada lagu adalah suara penyanyi atau vokalis yang menyanyikan lirik lagu.

  3. Mengapa seseorang ingin menghilangkan vokal pada lagu?
  4. Beberapa alasan mengapa seseorang ingin menghilangkan vokal pada lagu adalah untuk membuat karaoke, untuk melakukan cover lagu, atau hanya untuk mendengarkan musik tanpa suara penyanyi.

  5. Bagaimana cara menghilangkan vokal pada lagu?
  6. Ada beberapa cara untuk menghilangkan vokal pada lagu:

    • Menggunakan software khusus seperti Audacity atau Vocal Remover
    • Mendownload versi instrumental dari lagu tersebut
    • Membuat sendiri versi instrumental dari lagu dengan merekam ulang menggunakan instrumen
  7. Apakah hasilnya akan sempurna?
  8. Tergantung pada kualitas rekaman asli dan metode yang digunakan untuk menghilangkan vokal. Beberapa lagu mungkin dapat dihasilkan tanpa suara vokal yang terdengar sama sekali, sedangkan yang lain mungkin masih memiliki sedikit sisa suara vokal.

  9. Apakah legal untuk menghilangkan vokal pada lagu?
  10. Ini tergantung pada negara dan hukum yang berlaku di sana. Namun, dalam kebanyakan kasus, menghilangkan vokal pada lagu tanpa izin dari pemilik hak cipta tidak diizinkan secara hukum.