Cara Mengembalikan Data Flashdisk Terhapus dengan Mudah

Cara Mengembalikan Data Flashdisk Terhapus dengan Mudah

Cara Mengembalikan Data Flashdisk Terhapus dengan Mudah

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan data yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang. Bahkan, banyak di antara kita yang menyimpan berbagai jenis file penting di dalamnya, seperti foto, dokumen, atau video. Namun, apa yang akan terjadi jika tiba-tiba data yang tersimpan di dalamnya terhapus secara tidak sengaja?

Jangan panik! Meskipun terlihat sulit dan mungkin merugikan, Anda masih bisa mengembalikan data yang terhapus dari flashdisk dengan mudah. Sebenarnya, cara untuk mengatasinya cukup sederhana tanpa harus menggunakan software yang rumit untuk melakukannya.

Bahkan, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang mudah untuk mengembalikan data flashdisk terhapus kembali. Kami akan memandu langkah demi langkah sehingga Anda dapat mengembalikan data Anda dengan cepat dan tanpa perlu khawatir kehilangan data yang penting.

Bagi Anda yang sedang bingung dan khawatir karena data penting Anda hilang di dalam flashdisk, jangan khawatir. Bacalah artikel ini sampai selesai, dan Anda akan menemukan cara yang tepat untuk mengembalikan data yang hilang dengan mudah. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Mengembalikan Data Yg Terhapus Di Flashdisk
“Cara Mengembalikan Data Yg Terhapus Di Flashdisk” ~ bbaz

PENDAHULUAN

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan data yang menjadi kebutuhan di zaman serba digital ini. Banyak sekali file penting yang disimpan di dalam flashdisk, mulai dari foto, video, dokumen, atau bahkan file aplikasi. Terkadang, karena faktor tertentu seperti kesalahan saat memindahkan file ataupun virus, file di dalam flashdisk bisa terhapus secara tak sengaja. Hal ini tentu sangat menyebalkan karena berpotensi kehilangan data yang sangat penting. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara mengembalikan data flashdisk terhapus dengan mudah yang bisa dilakukan.

LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN COMMAND PROMPT

1. Pastikan Flashdisk Terhubung pada Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu pastikan flashdisk sudah terhubung pada komputer.

2. Buka Command Prompt

Buka aplikasi command prompt di PC/laptop dengan cara mengetik cmd pada kolom pencarian Windows dan pilih Run as Administrator.

3. Tulis Perintah chkdsk /X /f (drive letter)

Tulis perintah chkdsk /X /f (drive letter) pada command prompt, ganti (drive letter) dengan huruf yang digunakan pada flashdisk yang ingin direcovery. Misalnya, jika huruf yang digunakan E, maka tulis perintah chkdsk.exe /X /f E:.

Lainnya  Alat Reset Canon Ip2770 Terbaik & Mudah Digunakan

4. Tunggu Proses Selesai

Tunggu proses selesai dan jangan cabut flashdisk selama proses berjalan. Setelah selesai, coba akses kembali file yang hilang pada flashdisk.

MENGEMBALIKAN DATA MELALUI APLIKASI RECOVERY

5. Download Aplikasi Recovery

Anda bisa menggunakan aplikasi recovery karena aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur untuk mengembalikan file yang terhapus pada flashdisk. Beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah Recuva, EaseUS Data Recovery, atau 7-Data Recovery.

6. Instal Aplikasi Recovery

Setelah download aplikasi recovery, instal aplikasi tersebut dengan mengikuti prosedur yang diberikan.

7. Pilih Lokasi Target

Pilih lokasi flashdisk yang ingin diperiksa. Kemudian klik tombol scan untuk memulai proses recovery.

8. Tunggu Proses Scan Selesai

Tunggu proses scan selesai untuk melihat file apa saja yang bisa di-recovery.

9. Pilih File yang Akan Dikembalikan

Setelah proses scan selesai, pada aplikasi recovery akan ditampilkan daftar file hasil scanning. Anda bisa memilih file mana saja yang ingin dikembalikan.

10. Simpan Kembali File yang Sudah Ditemukan

Setelah memilih file yang ingin dikembalikan, klik tombol recover. Simpan file tersebut di lokasi yang aman pada harddisk PC/laptop Anda.

PERBANDINGAN LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN COMMAND PROMPT DAN APLIKASI RECOVERY

Command Prompt Aplikasi Recovery
Hanya bisa untuk file-file yang terhapus karena kesalahan program komputer atau virus. Bisa memulihkan data flashdisk terhapus lebih lengkap dan cepat.
Memakan waktu scan yang cukup lama dan memerlukan pemahaman teknis tentang command prompt. Mudah digunakan dengan tampilan user interface yang modern dan simpel.
Tidak memerlukan aplikasi khusus karena sudah tersedia pada sistem operasi Windows. Memerlukan aplikasi khusus yang perlu diunduh dan diinstal sehingga menambah kebutuhan penggunaan memori pada PC/laptop.

KESIMPULAN

Mengembalikan data flashdisk terhapus dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan command prompt atau menggunakan aplikasi recovery. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara mengembalikan data flashdisk terhapus menggunakan aplikasi recovery lebih mudah dan cepat, namun memerlukan aplikasi khusus yang perlu diunduh dan diinstal sehingga menambah kebutuhan penggunaan memori pada PC/laptop. Sementara itu, cara menggunakan command prompt dapat dilakukan tanpa perlu aplikasi khusus, namun memerlukan pemahaman teknis tentang command prompt dan memakan waktu scan yang cukup lama. Oleh karenanya, gunakan cara yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengembalikan file penting pada flashdisk yang terhapus secara tak sengaja.

Lainnya  Ukuran Foto 6R Berapa Cm? Mengetahui Ukuran yang Tepat!

Terima kasih sudah membaca artikel ini tentang cara mengembalikan data flashdisk yang terhapus dengan mudah. Kami berharap artikel kami bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan panduan untuk mengembalikan data pada flashdisk Anda.

Tidakkah Anda melewati beberapa poin penting dalam artikel kami? Jangan khawatir, Anda bisa kembali ke artikel kami dan membacanya lagi untuk lebih memahami langkah-langkahnya. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data Anda secara reguler, ini akan sangat membantu jika suatu saat ada masalah dengan perangkat Anda.

Selalu kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya seputar teknologi dan tips-tips yang berguna. Terima kasih telah berkunjung!

People also ask tentang Cara Mengembalikan Data Flashdisk Terhapus dengan Mudah:

  1. Apakah data yang terhapus di flashdisk bisa dikembalikan?
  2. Iya, data yang terhapus di flashdisk bisa dikembalikan dengan menggunakan software recovery data.

  3. Apa saja software yang bisa digunakan untuk mengembalikan data flashdisk terhapus?
  4. Berikut beberapa software yang bisa digunakan untuk mengembalikan data flashdisk terhapus:

    • Recuva
    • TestDisk
    • Pandora Recovery
  5. Bagaimana cara menggunakan software recovery data untuk mengembalikan data flashdisk terhapus?
  6. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Download dan install software recovery data pilihan Anda.
    2. Sambungkan flashdisk ke komputer.
    3. Buka software recovery data dan pilih flashdisk yang ingin dipulihkan datanya.
    4. Tunggu hingga proses scan selesai.
    5. Pilih file atau folder yang ingin dikembalikan dan klik restore.
  7. Apakah selalu berhasil mengembalikan data flashdisk yang terhapus?
  8. Tidak selalu berhasil. Terkadang data yang terhapus sudah hilang permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

  9. Bagaimana cara mencegah kehilangan data pada flashdisk?
  10. Berikut beberapa tips mencegah kehilangan data pada flashdisk:

    • Sering melakukan backup data ke cloud storage atau hard drive eksternal.
    • Menggunakan antivirus untuk mencegah virus yang bisa merusak data.
    • Tidak mencabut flashdisk secara paksa saat masih terkoneksi dengan komputer.