10 Cara Pengaturan Screenshot Xiaomi Agar Mudah Dilakukan dan Efektif

10 Cara Pengaturan Screenshot Xiaomi Agar Mudah Dilakukan dan Efektif

Rate this post
10 Cara Pengaturan Screenshot Xiaomi Agar Mudah Dilakukan dan Efektif

Siapa sih yang tidak kenal Xiaomi? Produsen smartphone asal China ini menjadi salah satu produsen ponsel pintar yang sangat populer di Indonesia. Salah satu fitur yang populer di Xiaomi adalah kemampuan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar.

Namun, terkadang pengaturan screenshot pada Xiaomi bisa sedikit membingungkan bagi pengguna baru. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan 10 cara pengaturan screenshot Xiaomi agar mudah dilakukan dan efektif.

Pertama, cobalah menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan. Ini adalah cara paling mudah dan umum dilakukan oleh kebanyakan pengguna Xiaomi.

Jika cara pertama tidak berhasil, coba gunakan fitur Screenshot Gesture. Caranya adalah dengan menggeser tiga jari dari atas ke bawah pada layar perangkat Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan tombol virtual screenshot pada bar notifikasi. Cukup ketuk tombol tersebut dan screenshot yang diinginkan akan dihasilkan.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur Screenshot Sound di menu Pengaturan. Dengan mengaktifkan ini, perangkat akan mengeluarkan suara ketika screenshot berhasil diambil.

Agar lebih mudah mengatur screenshot, aktifkan tombol screenshot pada tombol volume. Dengan cara ini, Anda cukup tekan tombol volume dan tombol screenshot secara bersamaan untuk mengambil screenshot.

Untuk mengambil screenshot pada aplikasi game, aktifkan fitur Screenshot otomatis pada menu Pengaturan. Dengan cara ini, screenshot akan diambil secara otomatis saat Anda memainkan game yang diinginkan.

Jika Anda sering mengambil screenshot dan ingin lebih mudah mengaksesnya, pembaruan MIUI 12 membawa fitur baru bernama Floating Screenshot. Anda dapat dengan mudah mengakses screenshot terbaru Anda melalui pilihan floating button.

Agar lebih efektif, sesuaikan kualitas screenshot yang dihasilkan pada menu Pengaturan. Pilih resolusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memeriksa penyimpanan internal perangkat Anda secara berkala. Hapus screenshot yang tidak diperlukan untuk membebaskan ruang penyimpanan dan membuat perangkat berjalan lebih cepat.

Dengan mengetahui beberapa cara pengaturan screenshot Xiaomi di atas, Anda akan lebih mudah mengambil screenshot dengan efektif dan efisien. Selamat mencoba!

Pengaturan Screenshot Xiaomi
“Pengaturan Screenshot Xiaomi” ~ bbaz

Perkenalan

Sebagai pengguna perangkat Xiaomi, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur screenshot yang tersedia. Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot pada Xiaomi dan tentunya setiap pengaturan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Pengaturan Default

Pengaturan default untuk mengambil screenshot pada Xiaomi cukup mudah yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Namun, terkadang tombol untuk mengambil screenshot ini kurang responsif dan sulit dilakukan di saat yang tepat.

Lainnya  Bagikan Printer di Windows 10 ke Windows 7 dengan Mudah

Kelebihan

  • Mudah dipelajari karena merupakan pengaturan default
  • Tidak perlu memasang aplikasi tambahan

Kekurangan

  • Kadang tombol kurang responsif
  • Tidak dapat mengambil screenshot jarak jauh

Xiaomi Screenshot Helper

Xiaomi Screenshot Helper adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu mempermudah pengambilan screenshot pada perangkat Xiaomi. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Mi Store dan cukup mudah digunakan.

Kelebihan

  • Memudahkan pengambilan screenshot dengan cara swipe atau shake
  • Dapat mengambil screenshot jarak jauh dengan menggunakan aplikasi di komputer
  • Terdapat berbagai setting untuk mengcustom pengambilan screenshot

Kekurangan

  • Mempunyai iklan yang cukup mengganggu
  • Memerlukan instalasi aplikasi tambahan

Google Assistant

Selain itu, Google Assistant juga dapat mempermudah pengambilan screenshot pada perangkat Xiaomi. Caranya cukup dengan mengaktifkan Google Assistant lalu memberikan perintah Screenshot.

Kelebihan

  • Tidak memerlukan aplikasi tambahan
  • Pengambilan screenshot jarak jauh dapat dilakukan menggunakan suara (voice command)

Kekurangan

  • Memerlukan koneksi internet yang stabil
  • Tidak dapat diakses jika Google Assistant dinon-aktifkan

Xiaomi Quick Ball

Xiaomi Quick Ball adalah sebuah fitur penunjang usability pada perangkat Xiaomi. Selain berfungsi sebagai navigasi, Quick Ball juga dapat digunakan untuk pengambilan screenshot dengan cukup mudah.

Kelebihan

  • Cukup mudah dilakukan dengan fitur Quick Ball yang sudah tersedia
  • Dapat di-custom untuk menambah atau mengganti fungsi lain

Kekurangan

  • Fitur Quick Ball harus diaktifkan terlebih dahulu
  • Memerlukan beberapa langkah sebelum dapat melakukan pengambilan screenshot

Xiaomi Games Booster

Xiaomi Games Booster adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memaksimalkan performa saat bermain game. Namun, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk mengambil screenshot pada perangkat Xiaomi.

Kelebihan

  • Cukup mudah dilakukan dengan satu kali tap
  • Tidak perlu membuka aplikasi tambahan

Kekurangan

  • Hanya dapat digunakan saat bermain game
  • Tidak cukup customable

Penutup

Dari berbagai cara pengaturan screenshot pada perangkat Xiaomi di atas, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, secara keseluruhan, aplikasi Xiaomi Screenshot Helper menjadi pilihan terbaik karena dapat mempermudah pengambilan screenshot serta dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan. Tentunya semua kembali ke preferensi masing-masing pengguna.

Cara Pengambilan Screenshot Kelebihan Kekurangan
Pengaturan Default Mudah dipelajari. Tidak perlu instalasi aplikasi tambahan Tombol tidak responsive dan tidak dapat mengambil screenshot jarak jauh
Xiaomi Screenshot Helper Mudah digunakan, bisa mengambil screenshot jarak jauh, Fiturnya customable Memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Memiliki iklan yang cukup mengganggu.
Google Assistant Tidak perlu aplikasi tambahan. Bisa diakses dengan voice command Perlu koneksi internet yang stabil. Tidak dapat diakses jika Google Assistant dinon-aktifkan
Xiaomi Quick Ball Cukup mudah dilakukan. Dapat menambah atau mengganti fungsi lain. Quick ball harus diaktifkan terlebih dahulu. Memerlukan beberapa langkah sebelum dapat melakukan pengambilan screenshot.
Xiaomi Games Booster Cukup mudah dilakukan dengan satu kali tap. Tidak perlu aplikasi tambahan. Hanya dapat digunakan saat bermain game. Tidak cukup customable.
Lainnya  Cara Mudah Memunculkan Aplikasi WhatsApp di Layar Utama

10 Cara Pengaturan Screenshot Xiaomi Agar Mudah Dilakukan dan Efektif

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang 10 Cara Pengaturan Screenshot Xiaomi Agar Mudah Dilakukan dan Efektif. Dengan menggunakan trik dan tips yang telah kami bagikan, Anda sekarang dapat mengambil screenshot dengan mudah dan efektif pada ponsel Xiaomi Anda.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pengaturan seperti yang dijelaskan pada artikel ini agar dapat melakukan screenshot dengan cepat dan membuka fitur yang berguna seperti Global Search dan Sidebar. Kami berharap artikel ini dapat membantu meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel Xiaomi Anda.

Sebagai penutup, kami berterima kasih atas kunjungan Anda dan tetaplah mengikuti kami untuk mendapatkan tips dan trik Android terbaru lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Berikut adalah 10 cara pengaturan screenshot Xiaomi agar mudah dilakukan dan efektif yang sering ditanyakan oleh orang-orang:

  1. Bagaimana cara mengambil screenshot di Xiaomi?
  2. Jawaban: Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan untuk mengambil screenshot pada Xiaomi.

  3. Bisakah saya mengambil screenshot dengan gerakan tangan pada Xiaomi?
  4. Jawaban: Ya, Anda dapat mengaktifkan fitur Screenshot with three fingers pada pengaturan sistem Xiaomi untuk mengambil screenshot dengan gerakan tangan tiga jari.

  5. Bagaimana cara mengatur lokasi penyimpanan screenshot pada Xiaomi?
  6. Jawaban: Anda dapat mengatur lokasi penyimpanan screenshot pada pengaturan Screenshot settings pada Xiaomi.

  7. Bisakah saya mengambil screenshot panjang pada Xiaomi?
  8. Jawaban: Ya, Anda dapat mengaktifkan fitur Scrolling screenshot pada pengaturan sistem Xiaomi untuk mengambil screenshot panjang pada Xiaomi.

  9. Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot pada Xiaomi selain menggunakan tombol power dan volume down?
  10. Jawaban: Ya, Anda dapat mengaktifkan fitur Screenshot button pada pengaturan sistem Xiaomi untuk menambahkan tombol screenshot pada layar ponsel.

  11. Bisakah saya mengambil screenshot dari video pada Xiaomi?
  12. Jawaban: Ya, Anda dapat mengambil screenshot dari video pada Xiaomi dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan saat video sedang diputar.

  13. Bagaimana cara menghapus screenshot yang telah diambil pada Xiaomi?
  14. Jawaban: Anda dapat menghapus screenshot yang telah diambil pada aplikasi Galeri Xiaomi.

  15. Bisakah saya mengambil screenshot pada Xiaomi saat layar dalam keadaan mati?
  16. Jawaban: Tidak, Anda tidak dapat mengambil screenshot pada Xiaomi saat layar dalam keadaan mati.

  17. Bagaimana cara membagikan screenshot yang telah diambil pada Xiaomi?
  18. Jawaban: Anda dapat membagikan screenshot yang telah diambil pada aplikasi sosial media atau aplikasi pesan pada Xiaomi.

  19. Apakah ada aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada Xiaomi?
  20. Jawaban: Ya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store untuk mengambil screenshot pada Xiaomi seperti Screenshot Touch, Super Screenshot, dan lainnya.