10 Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan

10 Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan

10 Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan

Mempelajari Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan sangat penting bagi para pengguna komputer. Tidak semua orang tahu cara melakukannya, tetapi ini adalah informasi yang sangat berharga bagi siapa saja yang ingin mengoptimalkan pengalaman penggunaan komputernya. Jadi, jika Anda ingin mengungkap rahasia ini, maka baca terus artikel ini sampai selesai.

Setiap versi Windows memiliki fitur dan fungsi yang berbeda. Inilah mengapa penting untuk mengetahui versinya agar Anda dapat memastikan bahwa perangkat lunak dan aplikasi yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan baik. 10 Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan akan membantu Anda dalam mengidentifikasi versi Windows secara mudah dan cepat.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui versi Windows Anda, beberapa di antaranya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda bahkan tidak memerlukan pengetahuan teknis khusus untuk menggunakannya. Jadi, bagi Anda yang masih kebingungan dan belum tahu bagaimana cara melakukannya, maka artikel ini adalah solusi terbaik untuk Anda.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengetahui versi Windows yang sedang digunakan. Ini akan menjadi informasi yang sangat berharga untuk diketahui bagi para pengguna komputer. Apalagi jika Anda ingin memperbarui sistem Anda atau membeli perangkat lunak baru, maka mengetahui versi Windows Anda adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, ikuti artikel ini sampai selesai dan temukan cara cepat untuk mengetahui versi Windows yang sedang digunakan.

Cara Mengetahui Versi Windows Yang Digunakan
“Cara Mengetahui Versi Windows Yang Digunakan” ~ bbaz

Pendahuluan

Apakah Anda pernah kebingungan untuk mengetahui versi Windows yang Anda gunakan? Ini adalah hal yang cukup umum terjadi, apalagi jika Anda mengalami masalah teknis di komputer Anda dan perlu mencari solusi. Berikut ini ada sepuluh cara cepat untuk mengetahui versi Windows yang sedang Anda gunakan.

1. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Tombol Windows

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Setelah itu, ketik winver pada kotak dialog yang muncul. Maka akan keluar informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan seperti edisi, nomor versi, dan tanggal pembuatan.

2. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Start Menu

Pada menu Start, carilah Settings dan pilih System. Kemudian, klik About, dan detail tentang sistem Anda akan muncul, termasuk informasi tentang versi Windows dan nomor build.

3. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Pengaturan Sistem

Masuk ke pengaturan sistem dengan mengeklik Start, kemudian Settings dan System. Pada bagian About, informasi lengkap tentang sistem Anda akan tersedia seperti edisi Windows, nomor versi, tanggal pembuatan, nomor build, dan informasi sistem lainnya.

4. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Command Prompt

Buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X secara bersamaan. Kemudian, pilih Command Prompt (Admin). Ketik systeminfo pada baris perintah, dan semua informasi tentang sistem Anda akan muncul, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.

Lainnya  Temukan Cara Mudah Dapatkan Voucher WiFi Gratis untuk Seluruh Kebutuhan Internetmu!

5. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui PowerShell

Buka PowerShell dengan cara serupa seperti mengakses Command Prompt pada cara sebelumnya. Kemudian, ketik Get-ComputerInfo | Select-Object WindowsProductName, WindowsVersion pada baris perintah, maka nama dan versi Windows yang digunakan akan ditampilkan.

6. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui System Properties

Klik Start, kemudian Settings, dan System. Selanjutnya, klik About, dan pada bagian bawah halaman akan terdapat System specification dan terdapat hyperlink See more under Device specifications. Klik hyperlink tersebut, maka kita akan diarahkan ke halaman baru di mana informasi tentang sistem kita tersedia termasuk versi Windows dan nomor build.

7. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Registry Editor

Buka Registry Editor dengan menekan kombinasi tombol Windows + R, lalu ketik regedit pada kotak dialog, kemudian tekan enter. Setelah itu, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINE -> SOFTWARE -> Microsoft -> Windows NT -> CurrentVersion, maka informasi tentang versi Windows dan nomor build akan muncul di sana.

8. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui Control Panel

Buka Control Panel dan pilih System and Security. Selanjutnya, pilih System, dan informasi detil tentang sistem, termasuk edisi Windows, informasi sistem dan informasi sistem lainnya akan ditampilkan.

9. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui File Explorer

Buka File Explorer, kemudian klik kanan pada This PC dan pilih Properties. Maka akan muncul informasi lengkap tentang sistem Anda seperti edisi Windows, tanggal pembuatan, dan nomor build.

10. Cara Cepat Mengetahui Versi Windows melalui MSCONFIG

Ketik msconfig pada kotak dialog Run (tekan tombol Windows + R untuk membukanya). Setelah itu, klik tab Boot, dan informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan akan terlihat pada bagian paling bawah.

Tabel Perbandingan

Cara Mengetahui Versi Windows Level Kesulitan Kecepatan Ketepatan
Melalui Tombol Windows Mudah Cepat Tepat
Melalui Start Menu Medium Cepat Tepat
Melalui Pengaturan Sistem Easy Cepat Tepat
Melalui Command Prompt Medium Sedang Tepat
Melalui PowerShell Medium Sedang Tepat
Melalui System Properties Mudah Cepat Tepat
Melalui Registry Editor Sulit Lambat Tepat
Melalui Control Panel Mudah Sedang Tepat
Melalui File Explorer Medium Sedang Tepat
Melalui MSCONFIG Sulit Lambat Tepat

Kesimpulan

Dari sepuluh cara cepat untuk mengetahui versi Windows yang digunakan, setiap cara memiliki tingkat kesulitan, kecepatan dan ketepatan masing-masing. Jadi, pilihlah cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sedang mencari cara cepat dan mudah, gunakan salah satu dari tiga cara pertama dalam daftar kami. Namun, jika Anda membutuhkan informasi lebih detil dan spesifik tentang versi Windows, cobalah salah satu dari empat cara terakhir dalam artikel ini.

Lainnya  Cara Mudah Mengecek Kondisi Iphone di Ibox atau Inter

Terima kasih sudah membaca artikel 10 Cara Cepat Mengetahui Versi Windows yang Digunakan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui versi Windows yang sedang digunakan pada perangkat Anda.

Jangan lupa untuk memperbarui sistem operasi Windows secara berkala guna mendapatkan fitur terbaru dan juga keamanan yang lebih baik. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan backup data secara rutin agar data-data penting tidak hilang dalam hal terjadi masalah pada sistem operasi.

Terakhir, apabila ada pertanyaan atau kendala terkait dengan artikel ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah. Kami akan berusaha untuk memberikan jawaban yang sesuai dan membantu Anda mengatasi masalah yang muncul.

Berikut adalah 10 cara cepat mengetahui versi Windows yang digunakan:

  1. Melalui pengaturan sistem
  2. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka “Pengaturan sistem” dan memilih “Sistem”. Nantinya, akan tertera versi Windows yang sedang digunakan.

  3. Menggunakan perintah “Winver”
  4. Cara ini cukup mudah, yaitu hanya dengan mengetikkan “Winver” di kolom pencarian atau command prompt. Kemudian, akan muncul informasi lengkap mengenai versi Windows yang digunakan.

  5. Dari desktop
  6. Cara ini juga mudah, yaitu dengan melihat pada desktop. Versi Windows yang digunakan akan terlihat pada sudut kanan bawah desktop.

  7. Melalui System Information
  8. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka “System Information”. Nantinya, akan tertera informasi lengkap mengenai versi Windows yang sedang digunakan.

  9. Dari Control Panel
  10. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka “Control Panel” dan memilih “System and Security”. Selanjutnya, pilih “System” dan akan tertera informasi mengenai versi Windows yang digunakan.

  11. Melalui Registry Editor
  12. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka Registry Editor dan mencari “ProductName”. Nantinya, akan tertera informasi lengkap mengenai versi Windows yang digunakan.

  13. Melalui Command Prompt
  14. Cara ini cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan “Ver” di command prompt. Kemudian, akan muncul informasi lengkap mengenai versi Windows yang digunakan.

  15. Dari Task Manager
  16. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka Task Manager dan memilih “More Details”. Selanjutnya, pilih “Details” dan cari “Windows Version”. Nantinya, akan tertera informasi mengenai versi Windows yang digunakan.

  17. Menggunakan PowerShell
  18. Cara ini dapat dilakukan dengan membuka PowerShell dan mengetikkan “$PSVersionTable”. Kemudian, akan muncul informasi lengkap mengenai versi Windows yang digunakan.

  19. Dari About Windows
  20. Cara ini cukup mudah, yaitu dengan membuka menu “Start” dan memilih “About Windows”. Nantinya, akan tertera informasi mengenai versi Windows yang digunakan.